Sabtu, 02 Februari 2008

KONSEP PENDEKATAN SISTEM
Pengertian Sistem di dalam kegiatan sehari-hari kita sering mendengar dan mengucap­kan kata "sistem". Kurikulum TK sampai SLTA sesuai SK Menteri P dan K No. 08/U/1975 pun menggunakan pendekatan sistem yang dike­nal dengan nama PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional).Kata "sistem" sering agak keliru diartikan. Misalnya ada yang menganggap "sistem" sama dengan "cara". Pada hal "sistem" bukanlah berarti "cara".
selanjutnya
_________________________

Analisis InstruksionalSetelah memahami istilah-istilah yang berkenaan dengan analisis in­struksional, berikut akan diuraikan mengenai konsep dan definisi analisis instruksional. Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan analisis instruksional ?a. Analisis instruksional adalah suatu prosedur, yang apabila diterapkan pada suatu tujuan instruksional, akan menghasiikan suatu identifikasi kemampuan-kemampuan bawahan (sub ordinate skills) yang diperlu­kan bagi siswa untuk mencapai tujuan instruksional (Dick & Carey)
selanjutnya
__________________________

Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik yang harus dilalui dalam mengembangkan sistem instruksional yang efektif dan efisien. Proses tersebut biasa dilakukan oleh guru atau tenaga pengajar sebagai pendesain instruksional di lembanga pendidikan. buku ini terdiri dari sembilan bab yang secara umum mencakup pokok bahasan yang berkenaan dengan konsep dan model pendekatan sistem, disain pembelajaran, identifikasi tujuan instruksional umum dan khusus, analisis instruksional, penyusunan tes pengukuran keberhasilan, pemilihan materi serta pemilihan strategi instruksional.
selanjutnya
______________________

Tidak ada komentar: